apa saja yang menarik di bedugul bali

Home / Blog / Tour destination bali / apa saja yang menarik di bedugul bali 1425 view
apa saja yang menarik di bedugul bali

Kawasan wisata bedugul

 

Pilihan wisata di bali sungguh melimpah, dan Kawasan bedugul merupakan pilihan yang baik dalam menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan kolega. Namun banyak orang salah memahami sehingga mengira bedugul hanyalah wisata di tepian danau. Sesungguhnya bedugul adalah kawasan wisata nya, sedangkan bedugul sendiri melingkupi empat desa, yaitu desa candikuning, pacung, pancasari, dan desa wanagiri, berada di perbatasan kabupaten Tabanan dan Buleleng. Jika kita berkunjung ke kawasan wisata bedugul maka tempat wisata yang ada di kawasan bedugul yang bisa dipilih pun banyak. Karena ada banyak obyek yang populer dan menarik untuk anda lihat. Apa saja daya tarik wisata yang bisa dilakukan saat berkunjung di Bedugul? Berikut pilihan destinasi yang kami susun sebagai panduan liburan anda. 

 

1. Danau Bratan

Berada dikawasan bedugul, danau beratan memiliki luas sekitaran 12km2 dengan kedalaman mulai 50cm hingga terdalam 70m di bagian tengah. Berdasarkan babad mengwi, nama danau Beratan diambil dari kata "berata" yang berarti menahan diri, bertapa, bersamadi. Mengingat tempat ini adalah tempat sang raja mengwi bertapa dan menyembunyikan diri dari gempuran kerajaan Tabanan, tempat sang raja menjalankan "berata" inilah kemudian dikenal dengan nama danau beratan. Jalan masuk melalui jalan ke gunung mangu, dari belokan yang berisi pak polisi masuk, maka danau yang indah ini pun akan kita jumpai. Disini anda bisa bermain-main di danau seperti sepeda air, perahu ataupun boat dengan tiket 35.000 per orang dengan 5 orang per boatnya. Di sini anda juga dapat mencicipi aneka makanan yang lezat dengan menu ikan air tawar, juga menjumpai pedagang buah dan sayur. Jika tidak mahir menawar sebaiknya menghindari berbelanja disekitaran sini karena harga wisatawan bisa menjadi beberapa kali lipat. Danau di Bedugul ini termasuk wisata Bali yang paling stabil jumlah pengunjungnya. Saran terbaik bagi anda yang ingin berfoto dengan hasil terbaik adalah di pagi hari. Karena menjelang siang apalagi sore, tempat ini menjadi berkabut dan bahkan sering hujan. Biasakan membawa payung atau jas hujan jika mengunjungi tempat ini.

 

2. Kebun Raya Bali

Kebun raya eka karya dikenal dengan nama kebun raya bali, berada bersebelahan dengan pasar candikuning dengan patung kubis dan jagung sebagai acuannya. Lebih dari 2000 spesies tanaman yang menjadi koleksi Eka Karya Botanic Garden di Bedugul ini. Masih seperti kebun yang menjadi tempat tujuan wisata di Bogor, Botanic Garden juga dikelola oleh LIPI (Lembaga ilmu pengetahuan Indonesia). Jadi anda dapat belajar mengenal tumbuh-tumbuhan dan berekreasi di kawasan yang sejuk serta sejauh mata memandang, warna hijau sangat mendominasi. Harga tiket masuk di Kebun Raya ini sekitar 20.000 untuk domestik dan 40.000 per orang untuk warga negara asing. Di area dengan luas 157,5 hektar ini ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan, seperti: wisata petik strawberry bermain di tree-top (berjalan di antara pohon dengan tali) serta berfoto di antara bunga-bunga yang menarik. Mobil dan motor bisa dikendarai berkeliling di kawasan ini, namun untuk bus hanya bisa parkir di halaman dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Hal inilah yang menjadi latar belakang tentang betapa tangguh fisik orang bali, karena tingginya intensitas gerak fisik. Karena mau tidak mau, jika anda berwisata di sini maka anda akan tambah berotot mengelilingi 157 hektar dengan berjalan kaki. Bersama Bali organizer mari kita sehatkan masyarakat dengan berjalan kaki bersama kami. 

 

3. Danau Buyan

Kawasan konservasi alam yang sangat indah dan alami ini merupakan yang terbesar dari tiga danau kembar di Bedugul. Salah satu tempat wisata di Bali yang belum tersentuh prasarana akomodasi ini masih menyimpan pesona hutan perawan yang jarang disinggahi pengunjung. Kalangan seniman yang mencari ispirasi di dalam keheningan sangat menyukai keindahan danau Buyan. Tidak heran jika kita temukan pelukis yang sedang mencoret-coret kanvas di pinggir danau. Tempat ini sangat sesuai diperuntukkan sebagai tempat kegiatan pecinta alam, seperti kemah, outbound, team building, glamping, gashuku, dan berbagai kegiatan lainnya. Disini juga merupakan tempat yang indah dan sesuai jika anda berencana untuk pre wedding, silakan siapkan keperluanndan waktu yang sesuai, bulan maret dan september adalah musim yang paling sesuai karena kabut dan hujan stabil pada bulan ini.

 

4. Danau Tamblingan

Banyak yang menyebutkan bahwa tempat wisata ini kembarannya Buyan karena berjejer. Ada sebelas pura yang mengeliling danau yang berasal dari kata “tamba” dan “elingang” yang berarti secara umum adalah obat yang mujarab. Hal ini disebabkan konon air danau Tamblingan pernah digunakan untuk menyembuhkan wabah penyakit yang menjalar di desa setempat. Danau ini masih masuk kawasan gunung Lesung Bali yang berbatasan dengan kawasan Bedugul. Di seputaran tamblingan ini pula banyak dijumpai gua peninggaan jaman penjajahan jepang, disini juga pernah dijumpai sisa sisa perpandai besi an abad 13, diduga ditempat ini pula dulu pasukan majapahit membuat tempat peristirahatsn dan persiapan sebelum melanjutkan serangan ke arah bali selatan. Ditempat ini diyakini memiliki mistis yang besar, jika berkunjung disini digarapkan tidak berbicara sembarangan, karena bisa saja berdampak yang tidak diharapkan.

 

5. Pasar Buah Candi Kuning

Di dekat di pintu masuk Kebun Raya Eka karya (botanical garden) berjejer pasar buah yang menawarkan buah khas setempat. Strawberry, Markisa, Mangga, Jambu Air dan sayuran segar adalah yang utama ditawarkan di tempat ini. Biasanya wisatawan yang menginap di apartemen atau villa dan memasak sendiri, menyempatkan untuk belanja buah dan sayuran di tempat ini. Tips menawar 50% masih berlaku jika anda ingin mendapatkan harga buah-buahan yang murah di sini. 

 

6. Bali handara golf

Bagi anda yang mencintai permainan golf, jangan lewatkan kesempatan menikmati permainan ini di bali handara, dengan tempat luas dan indah ditepian danau beratan dan tempat yang mudah ditemukan, berada di kanan jalan jika anda databg dari arah denpasar. Banyak villa dan penginapan dengan harga murah bisa anda jumpai disini. Hanya jangan pernah menanyakan apakah ada AC disini, karena yang anda butuhkan adalah pemanas ruangan. Karena jika butuh AC maka cukup buka jendela, maka akan terasa sensasi beku hingga ke tulang.

 

7. Pura Ulun Danu

Inilah maskot (icon) yang sangat terkenal dan selalu menghiasi banyak media info yang terkait dengan pulau Dewata. Jika anda melihat gambar/foto pura Ulun Danu maka langsung mengetahui bahwa pasti membahas tentang Bali. Kawasan Bedugul menjadi sangat terkenal karena keindahan pura yang seolah berada di tengah danau Bratan ini. Tempat ini sangat tepat bagi anda yang ingin berfoto pre wedding, selfie eksotis atau bahkan menjadi lokasi menginap yang tenang dan romantis bagi kalian yang sedang berbulan madu (honeymoon). Tiket masuknya 

 

20.000 untuk wisatawan domestik

 

40,000 per orang untuk wisatawan asing

 

Pura Ulun Danu Beratan adalah sebuah tempat suci umat Hindu yang terletak di ujung danau Beratan, yang berada di kawasan wisata Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, Bali. Dengan jarak tempuh kira-kira 56 km dari kota Denpasar dengan melewati jalan raya Denpasar - Singaraja. 

Pura Ulun Danu Bratan adalah sebuah pura suci Hindu yang sangat terkenal di pulau Bali dan ketika air danau Bratan ini naik/pasang maka pura Ulun Danu akan terlihat seperti mengambang diatas air.

Sejarah pura Ulun Danu Bratan ini dapat diketahui berdasarkan data arkeologi dan data sejarah yang terdapat pada lontar babad Mengwi. Berdasarkan data arkeologi yang terdapat dan berlokasi pada halaman depan Pura Ulun Danu Bedugul ini adalah terdapat peninggalan benda- benda bersejarah seperti sebuah Sarkofagus batu dan papan batu yang diperkirakan telah ada sejak zaman megalitikum, sekitar 500 tahun sebelum Masehi. 

Kedua artefak tersebut sampai sekarang diletakkan di halaman teras (babaturan) pura Ulun Danu. Dapat diperkirakan lokasi di Pura Ulun Danu Beratan ini telah digunakan sebagai tempat untuk mengadakan ritual sejak jaman tradisi megalitikum di pulau dewata. 

Berdasarkan dari Babad Mengwi, I Gusti Agung Putu sebagai pendiri dari kerajaan Mengwi telah mendirikan pura yang berada di ujung danau Beratan sebelum beliau mendirikan pura Taman Ayun, tidak dijelaskan dalam lontar babad Mengwi kapan tepat nya beliau mendirikan Pura Ulun Danu Beratan, tetapi dijelaskan tentang pendirian pura Taman Ayun dan upacaranya pada hari Anggara Kliwon Medangsia, tahun Çaka 1556 (tahun 1634 setelah Masehi). 

Berdasarkan dari deskripsi dari babad Mengwi tersebut diketahui pura Ulun Danu Bratan didirikan sebelum tahun Saka 1556 oleh I Gusti Agung Putu. Sejak pendirian pura tersebut, kerajaan Mengwi menjadi tenteram dan sejahtera dan masyarakat pun menjuluki beliau "I Gusti Agung Sakti" 

Objek wisata Pura Ulun Danu Bratan Bali, pura Hindu yang terletak di tepi Danau Beratan Bedugul Bali, Indonesia. Tempat yang indah dan wajib dikunjungi. Tapi jika anda masuk ke tempat ini, banyak juga travel agent atau penyedia jasa rental yang nakal, jika membeli paket include maka biasanya akan dibawa di peristirahatan di depan masjid dengan tepian danau tapi tidak bisa melihat pura secara langsung. Memang hanya 20.000 bukan usng yang besar, tapi jika tamu group dengan jumlah 10 bus maka bisa dilihat selisih uangnya yang bisa di ambil. Maka dari itu harap menjadi wisatawan yang cerdas, karena ada 7 tempat yang bisa dilihat di pura ulundanu beratan ini. Diantaranya ;

 

a. Pura Penataran Agung 

Pura Penataran Agung dapat dilihat ketika melewati Candi Bentar (Gerbang terpisah) menuju Beratan. Pura ini berfungsi untuk memuja kebesaran Tuhan dalam manifestasi-NYA sebagai Tri Purusha Siwa yaitu Siwa, Sada Siwa, dan Parama Siwa untuk memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia, dan untuk keseimbangan alam semesta. 

 

b. Pura Dalem Purwa

Di dalam pura ini, terdapat 3 pelinggih utama yaitu Pelinggih Dalem Purwa sebagai tempat untuk memuja Dewi Durga dan Dewa Rudra yang dipuja sebagai sumber kemakmuran, Bale Murda Manik (Bale Pemaruman) sebagai tempat untuk parum/rapat/diskusi, dan Bale Panjang sebagai tempat untuk meletakkan sarana persembahan upacara. Pelinggih yang ada di pura ini menghadap ke arah timur yang terletak ditepi selatan Danau Beratan. 

 

c. Pura Taman Beji

Pura ini berfungsi untuk melakukan upacara Ngebejiang (ritual penyucian sarana upacara), dan untuk memohon Tirta (air suci). di Pura Taman Beji ini juga berfungsi sebagai tempat untuk Melasti (Upacara pembersihan dan penyucian oleh umat Hindu di Bali) bagi masyrakat sekitar dan penduduk setempat. Pura taman beji memiliki memiliki lengkungan tanah yang sangat indah, dengan tanaman air dibelakang pura menjadi latar belakang yang sangat sempurna untuk berfoto. Jika anda memiliki masalah disini, pastinyasemua akan terlupakan karena indahnya pemandangan pura dan latar belakang gunung mangu.

 

d. Pura Lingga Petak

Pura ini sering disebut dengan Pura Ulun Danu Beratan, dan gambar pura ini juga terdapat pada lembaran uang kertas pecahan Rp. 50,000. Di dalam Pura Lingga Petak ini terdapat sebuah sumur suci dan keramat yang menyimpan Tirta Ulun Danu (Air Suci Ulun Danu). Selain daripada itu, di pura ini juga terdapat sebuah Lingga yang berwarna putih yang diapit oleh batu merah dan batu hitam. Pura Lingga Petak (Pura Ulun Danu Bratan) dipercaya sebagai sumber utama air kesuburan dari Danau Beratan. Terdapat 2 pelinggih disini yaitu pelinggih yang memiliki atap/tumpang sebelas (Pelinggih Meru Tumpang Solas) menghadap ke arah selatan, dan pelinggih yang memiliki 3 tumpang/atap (Pelinggih Meru Tumpang Telu) yang masing-masing pintu nya menghadap ke empat penjuru arah mata angin. 

 

e. Pura Prajapati

Pura Prajapati terletak di bawah pohon beringin besar, pura ini berfungsi sebagai tempat berstananya Dewi Durga. Pelinggih ini menghadap ke arah barat dan menjadi pura yang pertama kali di lihat setelah melewati tempat pembelian tiket masuk sebelum masuk ke area danau Bratan. 

 

f. Stupa Budha

Di kawasan Pura Ulun Danu Bratan, juga terdapat sebuah Stupa Budha. Stupa ini menandakan keselarasan dalam kehidupan beragama. Stupa Budha ini menghadap ke arah selatan yang berlokasi diluar dari area utama dari komplek Pura Ulun Danu Beratan. Setiap hari raya waisak, umat budha yang datang berkunjung akan membawa stiker emas untuk ditempelkan di bagian patung stupa ini. Dengan barisan pohon pinus dibelakangnya, sangat indah rasanya jika diambil dengan kamera sport dengan lensa wide. 

 

g. Kebun bunga

Kawasan ini merupakan kawasan pecinta fotography, dengan bunga dan penataan kebun yang sangat indah , pastinya akan meramaikan postingan instagram dan media sosial lainnya. Disini anda bisa melihat taman dengan wahana permainan anak seperti ayunsn dan jungkat jungkit dengan berbagai kelengkapan lainnya, ditempat ini pula anda bisa menyewa perahu dan boat untuk mengelilingi danau, dengan 150rb per boat isi 5 orang anda bisa mengelilingi danau dengan pemandangan yang indah.

 

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul sangat terkenal dengan keindahannya yang menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata favorit di pulau Bali. Tidak jauh dari lokasi pura terdapat beberapa akomodasi seperti hotel, villa, restoran untuk kenyamanan wisatawan, juga terdapat halaman parkir yang luas dan toko-toko suvenir untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang mengunjungi objek wisata pura Ulun Danu Beratan Bedugul ini. Tidak jauh dari objek wisata pura Ulun Danu juga terdapat tempat wisata menarik seperti Kebun Raya Bedugul dan pasar buah-buahan dan sayur-sayuran tradisional Bedugul. Sungguh sayang jika waktu liburan anda tidak dimanfaatkan secara optimal, dan bedugul adalah pilihan yang layak dipertimbangkan. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi website kami di Bali Organizer

 

Untuk pertanyaan dan informasi lanjutan call whatsapp +6285100525469

Terimakasih



Contact : Telp Email

Share:
email
whatsapp
line
facebook
twitter
email whatsapp line facebook twitter
Blog /
Powered by tayatha