Daerah tujuan wisata di Bali

Home / Blog / Blog / Daerah tujuan wisata di Bali /
Daerah tujuan wisata di Bali
NAN / 0 Reviews
 56 view

Destinasi Tujuan Wisata di Bali

Bali sangat dikenal sebagai daerah tujuan wisata, selain karena keindahan alamnya juga karena keunikan budaya masyarakatnya. Banyak hal yang bisa dijadikan rekomendasi kunjungan wisata di Bali, mulai dari wisata bawah laut, wisata pantai yang indah, wisata kota yang unik, wisata pedesaan yang asri, wisata sungai yang bersih, wisata budaya, wisata dataran tinggi yang sejuk bahkan wisata yang menantang adrenalin. Bali terkenal bukan hanya karena wisata spiritual saja, wisata alam bahkan hingar bingar wisata malam di Bali pun sangat diminati. Namun karena banyaknya informasi seputaran wisata di pulau Bali, banyak juga orang yang tahu Bali hanya sebatas membaca review saja. Banyak orang mengenal Bali, banyak juga yang mendengarnya dari orang lain, banyak juga yang baru sekali ke Bali tapi gayanya seperti pemilik pulau Dewata ini. Tapi itulah uniknya keragaman masyarakat yang perlu kita mengerti sehingga setelah menyadari kondisi seperti ini kita akan lebih bijak dalam merespon dan bersikap.
Saya secara pribadi pernah mendapat perlakuan yang kurang etis dari salah satu peserta tour yang merasa dirinya lebih pandai dari siapapun bahkan sikapnya tergolong melecehkan secara verbal, padahal ia hanya pernah ke Bali gara gara diajak mengantar barang dan itupun hanya sekali di daerah perbatasan, itupun puluhan tahun lalu tapi sikapnya seakan sudah fasih di Bali. Padahal untuk bisa menjadi pemandu wisata tidaklah mudah, harus mengantongi ijin dan menjalani pelatihan secara berkala. Asas keinginan seseorang untuk dihormati tetap saya junjung tinggi, saya libatkan dia dalam mengatur rute wisata selama perjalanan. Tapi lucunya ketika ada kendala dijalan dan saya mintai masukan ternyata ia tak faham kondisi Bali.

Destinasi Wisata Nusa Penida
Destinasi Wisata Nusa Penida

Namun itu tak penting sama sekali karena mungkin saking senangnya pernah ke Bali, karena point yang ingin saya bagi adalah memahami apa saja keseruan yang bisa dilakukan di Bali. Disini saya berharap bisa membagi pemahaman tentang bagaimana wisata di Bali dan bagaiman caranya mengatur rute perjalanan di bali. Tapi sebelumnya kita harus faham dulu bagaimana pembagian arah wisata yang ada di Bali. Secara umum pulau bali dipisahkan menjadi dua wilayah dataran utara dan selatan oleh barisan Gunung dari Bukit Kursi, Pulaki, Batukaru, Mangu, Batur, Agung, Andakasa hingga puncak Bibis Gamongan. Dari sinilah kita mengklasifikasikan tujuan wisata menjadi beberapa lokasi tujuan, yaitu:
Bali Utara
Bali Selatan
Bali Barat
Bali Timur
Bali Tengah dibagi menjadi lima arah berbeda, yaitu Bedugul, Tanah Lot, Ubud, Kintamani dan Besakih. Sementara itu masih terdapat tiga pulau di kepulauan Nusa Ped, yaitu Lembongan, Ceningan dan Penida.

Destinasi Wisata di Bali Utara

Destinasi Wisata di Bali Utara
Destinasi Wisata di Bali Utara


Terletak di dataran landai berpasir di bagian utara pulau membuat kawasan ini sangat sesui untuk menanam tembakau, anggur dan palawija. Di bagian perbatasan merupakan dataran tinggi dengan komoditi cengkeh dan kopi. Dengan kondisi dataran yang beragam ini yang membuat Bali utara memiliki sangat banyak tujuan wisata berupa air terjun, salah satunya yang terkenal adalah Sekumpul.

Selain daratannya subur, wisata di Bali bagian utara juga didukung oleh keindahan lautannya yang sangat mengagumkan. Keindahan wisata bawah laut di bali Utara menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia karena barisan terumbu karang yang membentang dari Tukad Mungga hingga Kalibukbuk sepanjang 3km dengan terumbu karang yang indah di kedalaman 2 sampai 6 km. Snorkling di pesisir utara Bali menjadi rekomendasi kegiatan wisata di pulau Bali dan merupakan kegiatan yang wajib di coba, ikan yang melimpah dan terumbu karang warna warni memberikan kenangan yang tak terlupakan kedepannya.

Selain snorkeling, kawasan perairan Bali utara memiliki kegiatan lain yang tidak kalah menawan, yaitu mengunjungi lumba lumba di habitat aslinya. Melihat lumba lumba melompat lompat bebas di habitat aslinya merupakan salah satu kegiatan wisata edukasi yang baik untuk anak anak dan keluarga, keindahan pemandangan matahari terbit di perairan Lovina juga menyuguhkan pesona yang luar biasa. Mengendarai perahu tradisional nelayan melaut ke laut lepas mengikuti kawanan lumba lumba yang melompat lompat menyuguhkan atraksi wisata yang tak ada bandingannya.

Selain keindahan alamnya, Bali Utara memiliki toleransi beragama yang sangat tinggi, hal ini terbukti dengan keragaman agama masyarakat yang hidup berdampingan, seperti makam salah satu wali pitu di Bali yang bernama Tae Kwan Lee, tak jauh dari sana terdapat Wihara Budha Brahma Vihara Arama bagi masyarakat yang beragama Budha. Begitu juga penganut Nasrani dan Hindu yang selalu bahu membahu membangun kerukunan dan saling menghormati satu sama lain. Selain itu, sumber mata air panas yang benyak muncul di kawasan Bali Utara adalah pilihan yang sangat sesuai untuk rekomendasi tujuan wisata di Bali karena banyaknya sumber mata air panas yang sesuai untuk relaksasi setelah kegiatan yang melelahkan.

Baca juga : Tour Bali Utara

Destinasi Wisata di Bali Timur

Destinasi Wisata di Bali Timur
Destinasi Wisata di Bali Timur


Bali timur terletak di sebelah tenggara Gunung Agung, di kawasan ini terdapat banyak perbukitan dan banyak puncak yang indah. Banyak hal yang bisa dilihat di kawasan Bali Timur, mulai dari kebudayaan yang unik di desa Tenganan. Desa ini terletak di tengah dua bukit dengan latar kebudayaan masyarakat Bali yang kental dan unik. Seluruh rumah dan bangunan yang ada di desa ini masih mempertahankan struktur aslinya sehingga memberikan kesan tradisional yang sangat kental. Kehidupan keseharian masyarakatnya juga sangat mencerminkan keluhuran budaya Bali yang sangat sayang dilewati, sehingga sangat layak dijadikan rekomendasi tujuan wisata di pulau Bali bagian timur khususnya bagi wisatawan yang memiliki minat untuk melihat wisata budaya Bali yang original.

Keindahan lainnya bisa dilihat saat mengunjungi kawasan Lempuyang yang berada di wilayah dataran tinggi Bali di bagian tenggara, salah satu peradaban tua di Bali terdapat di wilayah gamongan yang kini lumrah dikenal dengan nama Lempuyang. Pemandangan yang indah dimana gunung Agung dapat dilihat tepat diantara gapura Pura Lempuyang ini. Karena keindahan pemandangan yang bisa dilihat di kawasan ini, pura ini mendapat julukan "the gate of heaven". Bagi pecinta wisata spiritual di Bali, kawasan lempuyang bisa menjadi opsi kunjungan wisata di Pulau Bali yang ngehits dan instagramable.

Taman ujung atau Taman sukasada adalah rekomendasi kunjungan wisata di Bali bagian timur berikutnya, dikarenakan keindahan arsitektur bangunannya yang bisa dikatakan sangat mengesankan. Dikelilingi taman air dan balai Gili sebagai tempat peristirahatan raja Karangasem memberikan kesan wisata klasik di pulau Bali. Suasana kerajaan masih sangat terasa di kawasan ini, tidak jauh dari taman ujung terdapat pula sebuah mata air dengan air mancur dan taman yang sangat indah, taman ini bernama Tirta Gangga, sebuah kolam mata air yang menjadi maskot wisata Bali timur. Keindahan lain bisa dilihat saat melewati bagian timur pulau Bali di kawasan amed, dimana penyatuan gunung dan laut bisa dilihat di daerah ini. Bukit abang yang berakhir di kawasan ini dan langsung menghadap ke pantai dengan keindahan teluk yang mempesona, pemandangan bawah air kawasan amed pun tidak usah dipertanyakn lagi. Dan saat kita menghabiskan hari, amed adalah salah satu tempat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam terbaik di Bali yang dikenal dengan nama Sunset Point.

Destinasi Wisata di Bali Selatan

Destinasi Wisata di Bali Selatan
Destinasi Wisata di Bali Selatan


Jika kita membicarakan tujuan wisata di Bali selatan, maka tidak akan lepas dari banyaknya pantai yang bisa dikunjungi. Bali selatan adalah kawasan tujuan wisata dengan tujuan terbanyak yang bisa dikunjungi. Mulai dari bentangan pantai dari kawasan sanur hingga mertasari menyimpan keindahan pasir putih yang menawan. Terlebih lagi kawasan tanjung benoa sebagai surganya wisata air di Bali. Bagaimana tidak, kawasan Tanjung benoa adalah tempat pecinta alam dan pecinta adrenalin bisa berkumpul, hal ini dikarena kawasan tanjung benoa memiliki kawasan pantai yang landai dengan pasir putih dan terumbu karang yang mempesona. Karena arusnya yang tenang, kawasan tanjung benoa dijadikan tempat yang ideal untuk kegiatan olahraga air seperti banana boat, snorkling, flying fish, parasailing, donut boat, hingga SCUBA atau diving.
Begitu pula kawasan wisata Nusa Dua yang berada tidak jauh dari tanjung benoa, merupakan kawasan pariwisata elit pulau Bali. Kawasan wisata nusa dua sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan berskala internasional, hingga Barack Obama dan Raja Salman pun memilih untuk tinggal di kawasan Nusa dua selama kegiatan di Bali. Selain menjadi pusat kegiatan internasional, nusa dua juga sangat sesuai untuk dijadikan rekomendasi tempat honeymoon di Bali dengan suasana romatis dan fasilitasnya yang sangat memadai. Suasana yang romantis juga didukung oleh keharmonisan antar umat beragama yang dijaga dalam wujud pembuatan tempat ibadah didalam satu area yang bernama Puja mandala merupakan implementasi dari toleransi antar penganut agama di Bali.
Selain wisata dengan kemewahan, Bali selatan juga menyimpan tujuan wisata pantai yang indah dengan harga murah meriah. Misalnya saja Pantai Pandawa, Pantai Gunung Payung, Pantai Melasti, Pantai Padang padang, pantai blue point, pantai balangan, pantai jimbaran hingga pantai Kuta, Legian dan Seminyak. Semua kawasan pantai ini menyimpan keindahan yang sungguh mempesona, apalagi dengan biaya masuk yang murah dan banyak keliatan seru yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti surfing misalnya. Selain itu, penggemar kuliner juga bisa mencoba cemilan sehat yang banyak dijual disekitar tujuan wisata. Seperti rujak kuah pindang, rujak bulung, tipat cantok, sate languan, atau sekedar mencari kelapa muda yang merupakan cemilan sehat bahkan untuk yang sedang menjalani diet sekalipun. Dan jangan khawatir, makanan tersebut adalah rekomendasi makanan halal yang bisa dicari di Bali dengan harga murah dan sehat.
Untuk pecinta seni dan arsitektur, GWK adalah tempat yang bisa dijadikan pilihan tujuan wisata di Bali selatan. Walau harga tiket masuk dii GWK sangat tinggi dengan harga Rp. 150.000 per orang domestik dan Rp. 250.000 per orang warga negara asing mungkin bisa dijadikan list tujuan wisata selanjutnya dengan patung setinggi 140 meter dan kawasan seluas 250 ha dengan menekankan pada kemegahan bangunan yang dimiliki.
Selain pantai dan kemegahan arsitektur yang di,iliki, bali selatan juga menyimpan kesederhanaan spiritual di ujung selatan kaki pulau Bali. Terdapat sebuah pura yang dikelilingi alas kekeran yang bernama Uluwatu. Kawasan wisata alam di Bali selatan ini menyimpan peradaban tua yang pernah ada di Bali, pelestarian budaya Bali pun dapat dilihat jelas di kawasan ini. Selain mengunjungi pura dengan keindahan alamnya yang terletak di ujung tebing setinggi 75 meter diatas permukaan air laut, uluwatu juga menyuguhkan kegiatan seni budaya bali dimana tarian kecak dipergelarkan saat matahri terbenam dengan pemandangan samudra Hindia, tari kecak merupakan pegelaran budaya yang angat diminati dan layak dijadikan rekomendasi pilihan kegiatan di pulau bali, bukan tanpa alasan; bisa dilihat dari tempat pertunjukan yang berjumlah 1500 harus menampung penonton sejumlah 2500 orang karena tingginya minat wisatawan untuk menyaksikan pertunjukan tari kecak yang spektakuler.
Sebagai penutupan hari mungkin pantai jimbaran bisa menjadi pilihan lokasi makan malam yang bisa dijadikan rekomendasi karena lokasi yang tidak jauh dan suasana yang romantis sangat sesuai untuk lokasi makan bersama keluarga, kegiatan perusahaan, atau pun tempat makan romantis bersama pasangan. Makanan yang bisa dinikmati di Jimbaran adalah aneka ragam sea food yang diolah dengan cara dibakar ala Bali dengan bumbu khas dan sambel matah yang wajib dicoba saat berkunjung ke pulau Bali.

Baca juga : Tour Bali Selatan

Destinasi Wisata Bali Barat

Destinasi Wisata di Bali Barat
Destinasi Wisata di Bali Barat

Di kawasan Bali bagian barat, terdapat kawasan hutan lindung yang luas dan masih asri. Dari jaman kerjaan dulu bagian barat pulau Bali adalah kawasan yang sangat disakralkan. Dikenal dengan nama Jimbar Wana atau hutan yang luas maka kini daerah tersebut dikenal dengan nama Jembrana. Daerah Bali barat merupakan daerah yang layak dijadikan rekomendasi wisata alam di Bali, karena kawasan Taman nasional Bali barat menyimpan keindahan frola dan fauna yang terjaga dengan baik. Misalnya saja Rusa yang dijaga di daerah menjangan, monyet dan lutung yang masih terjaga di ekosistem alaminya, burung jalak Bali pun masih banyak bisa ditemui dilingkungan alaminya.
Suasana yang asri dan indah pun dapat dijumpai di kawasan teluk trima dan karang sewu, dengan hamparan pasir putih dan barisan pulau dan perbukitan yang asri akan membuat waktu berjam jam seakan terasa hanya beberapa menit. Bukan hanya di daratan saja, pemandangan bawah laut di pulau menjangan dan pemuteran pun seperti surga didasar laut, terumbu karang yang asri dan ikan yang melimpah membuat kawasan ini sangat layak direkomendasikan sebagai tempat wisata favorit di Bali, terutama bagi pecinta kegiatan olahraga air. Begitu selesai dengan kegiatan yang melelahkan, bermalas mlasan di mata air panas Banyu wedang pun bisa dijadikan obat pelepas lelah dan pembuang stress yang sangat mujarab. Suana spiritual pun tidak lepas dari kawasan Bali Barat, terdapat banyak pura di kawasan ini yang bisa dituju untuk melihat bagaimana penerapan dan kehidupan beragama di Bali. Sebut saja pura Pulaki, Pura Jayaprana, Pura Pemuteran, Pura Puser Tasik, Pura Segara Rupek, dan Pura Purancak adalah beberapa pura yang penting di Bali. Sehingga untuk berwisata di Bali Bagian barat pun merupakan opsi pilihan wisata di bali yang sesuai untuk honeymoon dan keluarga.

Destinasi Wisata Bali Tengah

Destinasi Wisata Sekitar Tanah Lot
Destinasi Wisata Sekitar Tanah Lot


Setelah membahas pembagian wisata bali dari berbagai arah yang satu rute, kini pembahasan wisata di Bali bagian tengah dibagi menjadi lima arah berbeda, jadi sebaiknya jika menyusun tujuan wisata agar dibuat searah aau sedekat mungkin. Pertaman di arah barat daya terdapat tujuan wisata berupa pura di tengah laut bernama pura Tanah Lot. Tanah lot merupakan tujuan wisata yang banyak dikunjungi saat berwisata ke pulau bali, adapun bebrapa objek lain yang searah saat ke tanah lot seperti Taman Ayun yang menjadi tolak ukur kerajaan Mengwi yang tersohor, kemudian alas kedaton, pantai Berawa dan kawasan Canggu. Tujuan wisata berikutnya ke arah utara menuju dataran tinggi Bedugul, kawasan wisata Bedugul memiliki banyak tujuan wisata yang bisa dijadikan referensi tujuan wisata di Bali seperti Hutan pala yang dijaga monyet bernama Sangeh. Joger luwus pun bisa dijadikan tujuan wisata untuk mencari oleh oleh khas bali berupa baju kaos dan karya jelek lain milik joger. Dataran tinggi bedugul memiliki kekayaan alam yang melimpah, sperti hamparan sawah luwas di Jatiluwih, kebun kopi di Pacung, Taman bunga di the blooms, pasar buah di candikuning, pura ulundanu beratan hingga pemandangan danau kembar tamblingan dan buyan melalui jalur Wanagiri.

Destinasi Wisata sekitar Bedugul
Destinasi Wisata sekitar Bedugul


Destinasi wisata lain bisa dituju ke arah timur laut, terkenal karena kerajinan dan keseniannya, daerah yang bisa dijadikan rekomendasi tujuan wisata berikutnya adalah Wisata Ubud. Bagi pecinta karya seni seperti lukisan, ukiran, batik dan perhiasan maka ubud adalah lokasi yang sesuai. Selain itu, wisata kekinian yang instagramable bisa dijumpai di ubud, seperti swing yang banyak diminati wisatawan yang datang ke Bali, flying fox dan tracking. Tempat selfie dan foto keren bisa diambil dari jalur tegalalang, tampak siring hingga blangsinga. Mulai dari sawah hingga sungai dan air terjun banyak bisa dijumpai di Ubud.

Destinasi Wisata Sekitar Ubud
Destinasi Wisata Sekitar Ubud


Jika dilanjutkan lebih jauh dari ubud maka tujuan yang bisa dipilih di Bali adalah Wisata Kintamani. Pemandangan gunung batur yang begitu agung bisa dijadika background foto yang keren untuk postingan instagram. Mulai dari kawasan panelokan, toya bungkah, trunyan, hingga panglipuran bisa dijadikan list tujuan wisata di Bali kekinian. Apalagi air terjun tukad cepung banyak dijadikan trand setter postingan yang banyak di like di media sosial.

Destinasi Wisata Sekitar Kintamani
Destinasi Wisata Sekitar Kintamani


Setelah pergi menuju ke arah timur jauh menuju kaki gunung agung, maka Wisata Besakih adalah tempat yang bisa dikunjungi. Tapi mohon diingat, Besakih adalah tempat terketat dengan aturannya, mulai dari lokasi dan jarak parkir, hingga tata busana dan lokasi yang bisa dikunjungi. Besakih merupakan kompleks pura terbesar yang ada di Bali, dan tentunya bukan hanya pura yang bisa dilihat. Pemandangan lembah yang begitu asri di teras agung, sungai telagawaja dan kawasan wisata kaki gunung agung bisa dijadikan pertimbangan kunjungan selama di pulau Bali.

Destinasi Wisata Sekitar Besakih
Destinasi Wisata Sekitar Besakih

Baca juga : Tour Ubud

 

Give Review :


Contact : Hotline Email whatsapp

Paket tour bali murah meriah day cruise rafting telagawaja

Paket Tour bali 2 day 1 night

Tour Bali Timur

Tour Tanah Lot

Tour Ubud

Tour Bali Utara

Tour Bedugul

Tour Bali Selatan

Tour Kintamani

Paket Tour Nusa Penida

Tour Bali Tenganan Tirta Gangga

Paket daily tour BEDUGUL

Paket Tour bali daily CAR charter

Paket Tour bali 4 day 3 night

Paket Tour bali 3 day 2 night

Tour Bali Rafting Telagawaja

Tour Bali South Side

Daily tour Karangasem

Paket Daily Tour Uluwatu


Or Custom Tour


Send Booking

Mr. Mrs.

Date

Adult

Child

Pick Up Information


Share:
email
whatsapp
line
facebook
twitter
email whatsapp line facebook twitter
Blog /
Powered by tayatha